Jumat, 14 Oktober 2011

Goodbye


Ada kegembiraan yang tidak bisa saya ungkap dengan kata,,,entah kenapa saya sedang menyukai kata goodbye yang diterjemahkan menjadi selamat tinggal. Orang Inggris menurut saya begitu santun dan menyukai kiasan sampai hal yang menyangkut dengan kesedihan seperti goodbye harus ditutup dengan awalan yang baik (good). Awalnya saya kurang paham mengapa demikian, namun setelah lama menempuh kehidupan, setiap perpisahan bukanlah sesuatu yang menyedihkan, bahkan baik. Ini mengisyaratkan agar kita tidak statis dan selalu beranjak menuju hal yang baik, sehingga apapun keburukan (bad) selalu berakhir dengan good, filosofi yang sempurna.

Saya seperti menemukan mainan baru, mengotak atik kata, itulah sebabnya kenapa hari bagi orang inggris selalu baik (good), mulai pagi sampai malam selalu good, good morning sampai goodnight always good. Apapun hari anda, tidak ada warna keburukan, semua akan baik-baik saja, mungkin ini pesan yang ingin disampaikan. Memang kedengarannya seperti remeh, tapi begitu merasuk dalam pikiran itu akan menjadi sikap yang mengagumkan. Selalu optimis, positif thinking, khusnudzon. Hanya begitu diterjemahkan dalam bahasa indonesia maknanya memang sama tapi menurut saya menjadi berbeda, goodbye menjadi selamat tinggal, memang tidak salah kita ingin selamat, tapi saya selalu menyukai sesuatu dengan awal yang baik(good) bukan selamat. Awal yang baik berarti proses kehidupan dimulai dalam tatanan yang baik.

Jadi goodbye dari sisi kata sebenarnya sudah baik, tidak ada kepedihan disana, karena semuanya akan baik-baik saja. Aneh memang setelah mengetahui makna ini perasaan saya menjadi lebih good. Apapun tindakan yang menyebabkan orang berkata goodbye menurut saya pasti datang dari heart (hati) yang indah, bukan karena emosi semata. Bukankah heart sebenarnya dari kata hear of art, seni mendengar?. Jadi ketika seseorang berkata goodbye dia telah mendengarkan nuraninya dengan seksama. Hulu yang baik (heart= hear of art) akan berakhir dengan muara yang baik pula (goodbye). Jadi ketika saya mendengar seseorang berkata goodbye, dengan membungkukkan badan, saya akan menghormati orang itu dengan berucap dalam hati,,good,,,good. Indah bukan,,,:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar