Minggu, 06 Maret 2016

Sapere aude


SAPERE AUDE,,,baru tau kata ini dari temen2 aquanist, pengurus organisasi jurnalistik majalah kampus bernama aqua yang lama tidak tetbit. Saya cari ternyata dari bahasa yunani bermakna berani berpikir sendiri, kalau bahasa jawa mungkin seje dewe alias CJDW. Saya hanya kuatir kalau pikiran sapre aude ini terlalu meng-indoktrinasi mereka. Bukan saja membuat sekat namun juga menghilangkan kemungkinan untuk bertemu kebenaran sejati.

Berani berpikir itu sudah bagus, apalagi di tambah sendiri, namun kalau boleh usul gimana kalau ditambah menjadi SAPERE AUDE et all. Berani berpikir sendiri dan kawan-kawan hehehe,,,. Tapi ya gapapa kalau itu bisa dimaknai secara mendalam hasilnya akan bagus dan jangan berhenti disitu biar bisa bertumbuh terus, ibarat pohon, sapere aude masih jadi bunga,,,kelak akan jadi calon buah terus jadi buah yang hijau sampai jadi buah yang matang, dan semuanya butuh proses.

Tadi siang saya berkesempatan ngendangi mereka di sekretariat tempat calon jurnalis ditempa. Kurang militan ya mas, kata si Akbar pemrednya,,,,begitu ditunggu hampir sejam lebih dari waktu janjian baru dia sendiri yang nongol. Hmm,,yaa kalau anda tahu gambarnya pisang terus ga pernah makan pisang, bagaimana mungkin bisa ngerasakan pisang terus dituntut militansi rasa pisang. Yang namanya gambar pisang, warnanya, jenisnya bahkan dari sisi teoritis cara makannya mereka sudah ngelonthok diluar kepala. Namun ketika dihadapkan pada pisang beneran, saya takut mereka grogi.

Jadi yaa harus pelan belajar lagi gimana cara makan pisang, mau kulitnya di kupas sebagian atau seluruhnya lantas makannya mau digigit, mau dipotong, mau dicampur apapun terserah, kan sapere aude asal harus ada batasannya, makan pisang sama kulitnya, nanti malah dikura apa bedanya sama embek,,,,hehee

So,,buat adek2ku yang lagi ngurus aqua sekarang, wes ndang cepetan ngupas dan makan pisang beneran ojo berkutat di tataran sapere aude aja, bergeraklah terus hingga ketemu namanya samperin audi (itu penyanyi paporit ane) hehee,,
" Mengerti arti hadirmu, mengerti, sinar diwajahmu
Mengerti.. tenangnya jiwaku, akhirnya ku mengerti
Diriku memang untuk kau.. miliki"

Bukankah disana kalian(aquanist) hadir utk dimengerti,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar