Rabu, 20 Juli 2011

Ebony and Ivory - Paul McCartney and Stevie Wonder



Lama saya menyukai lagu ini,,,namun sentuhan spirit ini baru saya rasakan setelah berjalan jauh dalam kehidupan. Awalnya saya mengira lagu ini bercerita tentang harapan sebuah harmoni diantara dua perbedaan,,,hitam dan putih, entah warna kulit, baik dan buruk dan perbedaan yang berkutub. Harmoni kata yang sakti untuk membuat sebuah harapan menjadi riil seperti dalam lagu indah ini. Apa daya saat saya makin mendewasa kata harmoni hanya saya simpan dalam saku dan ketlisut entah kemana.

Saya semakin meyakini ketika kesakitan secara fisik dan spiritual mencapai kulminasi, bahwa Gading dan kayu ebony yang hitam tidak mungkin disandingkan, ia telah menempati maqomnya sendiri dan itu kehidupan yang sempurna. Sehingga saya juga meyakini "kasta" memang ada terutama setelah berjalan ke luar dan secara nyata "kasta" ekonomi hal yang paling mencolok. Dan ini merubah perilaku orang-orangnya dari tingkatan paling rendah hingga tinggi. Kesuksesan diukur dengan kemapanan dengan memiliki sejumlah benda mahal. Apapun alasannya. Saya menangkap satu hal : kekeringan batin
Ribuan anak muda berjuang setelah lulus jadi sarjana untuk menggapai impian : kemapanan finansial tanpa mau tahu berproses kesana perlu kematangan mental dan waktu. Yang lainnya menghamburkan kesempatan dengan nebeng ortu dan gagal belajar bagaimana ortunya harus berjuang untuk mencapai kondisi sekarang.

Lantas,,,apa hubungannya kondisi di atas dengan lagu ini?
saya percaya sebenarnya dunia ini milik orang muda, baik biologis maupun mental. Merekalah yang merubah dunia ini dengan segala hitam dan putihnya. Ada satu hal yang hilang saat mereka alami kemarau mental dan spiritual yaitu cinta, dan lagu ini sebenarnya bertutur tentang cinta. Hitam dan putih sebenarnya memiliki hulu yang sama,,,cinta
"We all know that people are the same where ever we go there is good and bad in every one, we learn to live, we learn to give each other what we need to survive together alive,,,ebony and ivory"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar