Minggu, 20 September 2020

Ala Broedin

Broedin series
Bagaimana cara berketuhanan anda? Katakanlah apakah ada anasir "takut"saat menghadap Nya? Jika iya,  maka akan segan berbuat aneh2 di rumah Nya,  entah itu di rumah2 ibadah atau di pusatnya sana (masjidil haram tempat kabah bersemayam).  

Beda dengan sohib saya Broedin van Klompen,  baginya ketakutan2 tersebut hanya menyisakan  lara/pedih bahkan naif.  Pernah dulu saat jadi nelayan  di kampung nya seharian gak dapat ikan dia mbatin : Tuhan,,,katanya Sampeyan rahman dan rahim, kalau hari ini gak dapat ikan besok saya main judi lagi loh,,, ajaib tak lama kemudian seperahu penuh ikan. 

Atau saat dia umroh, hatinya ndredeg saat pertama naik pesawat yang mesinnya bergemuruh,  takut pesawat jatuh sehingga janji jika selamat sampai jedah dia akan motong kambing satu. Ketika pesawat di angkasa kena turbulance, janjinya ditambah : 'Tuhan kalau saya selamat saya naikkan deh nyembelih unta satu'.  Ketika pesawat mendarat broedin sujud syukur di landasan,  lantas inget janjinya,  dia mendongak ke atas : kalau saya gak lakukan Sampeyan mau appa,,, 

Selama ritual umroh dia yang paling rajin tawaf bahkan berkali2 berusaha mendekat dan mencium hajar aswad.  Tentu ini jadi catatan Wan Abud kepala rombongan umroh dengan mencontohkan broedin ke sesama jemaah lainnya.  Saat ditanya motif nya kenapa selalu berebut untuk selalu mendekati kabah.  Dengan enteng broedin menjawab : anu Wan,,, saya pengen tahu apa kabah ada besinya,  siapa tahu kalau sudah berkarat ane bisa beli bekasnya,,,, sambil cengengesan
. "Kualat ente,,, didepan kabah masih transaksi,,, " teriak wan abud sambil lempar klompen yang dipakainya. 
Broedin lari menghindar sambil ketawa cekaka-an. 

Entahlah cara pendekatan broedin terhadap Nya agak beda dan akrab,  saya aja gak berani seperti dia.  Saya sampe penasaran, pernah saya tanya :"dien ente yoo tahu misuhi nek doamu gak terkabulkan? ". "Keseringan mas bro, tapi ojok mbok tiru, garai malaikat izrail ngamuk ngko".
"Lah opo ente gak takut?"
"Lapo wedi mas bro,  luwih wedi nek anak bojoku gak iso mangan,,, dosa, kalo ane gak mikir, ane mau diapakan bahkan dipithes mati koyo tumo yo gapopo malah seneng, kewajiban ane malah rampung"

Saya pun mengangguk2 sambil termangu2, sohib saya ini memang naif cara mendekati sang Maha beda,  mirip seperti sahabat,  bukan bawahan kepada atasan.  Jujur saya tidak seberani dia.  Disentil cobaan dikit saja saya sudah kaing-kaing, mirip anjing bulukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar