Rabu, 15 April 2020

Broedin series

Brand Positioning

Pakar marketing ternama, Philip Kotler mendefinisikan brand positioning sebagai tindakan atau aktivitas merancang penawaran dan citra perusahaan untuk menempati tempat khusus di benak target pasar. 

Jangan sangka kalau brand positioning hanya dilakukan perusahaan raksasa,  atau pelaku bisnis high end.  Warung kaki lima sampai jukir pun lakukan hal yang sama.  Contoh : kalau ke kampung nya,  suruh tanya nama broedin van klompen,  mereka gak kenal.  Tapi tanya nama udin atau badaruddin,  pasti tahu.  Sama dengan istrinya mbak Sari,  mereka akan menggeleng,  tapi tanya saripah mereka akan menunjuk rumahnya. 

Karena merantau di Surabaya,  nama adalah salah satu yang di branding,  biar lebih dikenal secara kultur Surabaya sebagai kota besar.  Maka badaruddin yang jukir berganti jadi broedin van klompen,  biar sedikit berbau barat.  Saripah jadi mbak Sari. Dan itu sudah jamak,  menaikkan branding terkait pekerjaan,  gak masalah.  Bahkan adiknya mbak Sari dipanggil Maya,  padahal katepenya bernama maisaroh,  panggilannya mai,, mai jadi Maya. 

 Nama2 tersebut malah menjadi akrab di telinga pelanggannya.  Jangan bayangkan kalau sudah ganti nama terus bahasanya lu gue,,, yaa tetep medok arudamnya dan itu jadi asiik. Ada pelanggannya seorang office girl, jawanya medok banget, langganan mbak Sari di panggil mbak Citra,  aslinya sulastri jadi Citra, konon rumahnya di Pacitan sebelah utara. Atau sopir langganan ngopi panggilannya Regi,  karena lahirnya rebo legi. 

 Apalah arti sebuah nama,  kata shakespeare  jadi gak masalah selama brand positioning  nama,  memiliki tempat di hati sooddarra semuanya. Perkara broedin van klompen manggil ane broken wing,  dia hanya niru apa yang dikatakan gurpan saja. (Tiba2 jadi kangen gurpan,  setiap mau puasa pasti nengokin saya…😓😰😓).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar