Minggu, 26 April 2015

waktunya menepi



Saat kecil seumuran anak SD kelas 3, setiap anak pasti ditanya gurunya cita citanya apa, selalu beramai ramai bersahut sahutan, ada yag ingin jadi dokter, pilot, tentara, guru, insinyur. Dengan keterbatasan informasi saat itu, anak sepolos saya saat itu selalu menyebutkan hal diatas, tidak ada yang lain. Saat beranjak SMP, cita cita pun beralih, malah pingin jadi pemain band, seperti the police, sexpistols, beegees, atau godbless, pemusik yag tengah berjaya saat itu, karena kelihatan keren. Begitu bisa merasakan aura kehidupan SMA, saya malah pengen jadi pendaki gunung, karea referensi kesana lagi gencarnya wanadri, ujungnya satu kelihatan keren. Namun seperti hidup yang lebih bicara realita  akhirnya kesasar di kampus yang nengurusi ikan, hal yang awalnya di tolak karena bukan pilihan sendiri tapi teman, sebagai pilihan ke 2. Dulu memang ada kesepakatan dengan " geng" saya, pilihan 1 ditulis sesuai keinginan, namun pilihan kedua, ditulis oleh yang lain. Apa daya pilihan teman yang masuk, yang seiring waktu malah menyukai pilihan ini.

Masuk dunia pekerjaan, makin menyadarkan diri ketika lelah bertarung hanya untuk sebuah pilihan semu, setelah terbentur sana sini, membawa pertanyaan sebenarnya apakah ini pilihan hidup, entah kenapa saya melihat cita cita yang keren adalah menjadi petani. Karena petani teramat bergantung dengan keikhlasan berhubungan dengan alam, perniagaannya langsung dengan sang hidup. Entah itu petani padi, petani ikan, petani udang, setiap benih yang ditebar selalu mengandung kebaikan, menebar benih kebaikan,,,buat saya itu teramat elegan, cool,,,. Bayangkan para petani berniaga langsung dengan kehidupan, dasarnya bukan siapa yang paling diuntungkan namun siapa yang saling mengikhlaskan.

Berkaca dari hal diatas, mungkin saya harus menepi dari hiruk pikuk pencapaian yng membuat jiwa ini lelah, setelah disibukkn dengan perniagaan sesama yang terkadang mengabaikan etika dan nurani, saya malah ingin kembali ke awal, ingin menjadi petani, pekerjaan yang menurut saya keren,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar