Senin, 19 Oktober 2020

Universitas kehidupan

Dalam satu angkatan di universitas yang lulus berjumlah ratusan,  hanya ada sekian persen yang akan mencapai Puncak (mirip piramida) sekian persen berada di middle dan sisanya yang terbanyak menghuni dasar piramida. Lantas apakah yang mencapai Puncak sekian persen sudah bisa diketahui dari awal? 

Ternyata bisa, hanya dengan melihat karakter mereka.  Seperti apa? Ternyata ada tiga hal  yaitu "responsible, komitmen, dan pantang menyerah/struggle",
bukan kepintaran…. 
Pertanyaannya apakah yang berada di Puncak sukses harus sll berkonotasi dengan sukses materi?  Tidak juga,  saya kagum ada beberapa anak muda yang saya kenal merevisi arti sukses buat mereka adalah pencapaian maksimal bakat dan talenta yang dihubungkan kebaikan untuk sesama. 

Saat yang lain disibukkan waktunya mengejar karir dan uang,  ada beberapa anak muda idealis belajar di pojokan sunyi merangkai mimpi dengan komitmen, responsible dan struggle,  belajar dan dibanting2 dari kesalahan dan kejatuhan, bergembira karena memperoleh pengalaman tanpa memikirkan masa depan.

Satu hal, mereka menikmati prosesnya bukan instan. 
Saya yakin merekalah yang akan menjadi "jenderal2" kehidupan kelak,  sisanya teronggok dipojokan jaman mengais asa saat usia merambat tua sambil tengadah melihat mereka yang puluhan tahun ke belakang diremehkan dengan sengaja. 
#universitaskehidupan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar