Rabu, 12 Agustus 2020

Broedin series

Broedin series

Drs. Broedin van Klompen. Mjk. 
Pengusaha UMKM
Keynote speaker webinar kiat usaha UMKM bertahan di masa pandemi

Kaget juga melihat ada namanya dalam webinar dengan tema bagaimana pengusaha umkm lepas dari krisis karena copid. Saya pasti misuh dulu melihat seperti ini,  bukan Broedin namanya kalau akalnya panjang alias kreatif sampai di dapuk jadi keynote speaker. Berhubung gratis saya ikut webinar tersebut,  dan hasuuuuhhh cara dia paparkan strategi umkm dalam hadapi krisis saya acungi jempol mirip ulasan pakar marketing. 

Broedin bilang dalam awal pembuka,,, saat sekarang, umkm jadi motor utama ekonomi nasional,  terutama sektor informal padahal sektor ini hampir tidak tersentuh perbankan dalam permodalan kecuali bank BTH (bank tagih harian) alias rentenir,,, 🤓. Lantas strategi apa yang dipakai Broedin sebagai pelaku umkm (aslinya warkop istrinya mbak Saripah). 

Strategi yang dipakai adalah SWOT saya kira singkatan Strength Weaknes Opportunity dan threats,  tapi bukan,  dia paparkan singkatan dari bahasa Jawa :  Sopo Wani Ono Titiwancine,  arti bebasnya : siapa yang berani ambil resiko pasti akan ketemu titik suksesnya. Berani ambil resiko saat copid menurut broedin adalah menghitung kemungkinan,  disaat yang lain banyak tiarap broedin berani buka warungnya 24 jam,  sampai akhirnya dia tahu pola pergerakan custumernya baik penjualan offline maupun online. 

Dia bilang,  saat Surabaya lokdon penjualan online nya malah naik hanya dengan berani memasang tagline : "jika anda penyuka kopi,  kopi Malang (madura-lanang),  bisa bikin stamina anda terjaga sepanjang malam" anjriit ini kan propaganda marketing,,, kopi diarahkan pada stamina lelaki sepanjang malam yang konotasinya itu,,,, 😁. Dia bilang work from home membuat satu2 nya hiburan adalah "itu". Dan itu harus di maintance katanya. Dan istrinya saripah di dorong bikin jamu madura  jamu yang di klaim bisa jaga imun. Klop kopi lanang plus jamu madura. 

Lantas bagaimana penjualan offline nya,  menurut dia racikan kopinya yang dari mulut ke mulut membuat penjualan online naik karena di dongkrak jualan offline terutama pekerja kantoran. Dan yang penting saat jualan, seragam Broedin ganti pakai baju atau kaos slim, rambut rapi,  sehingga kelihatan lebih bugar,  dan banyak pelangganya percaya karena kopi madura -lanang. (Saya mbatin sambil misuh tak getno ae,,,,). 

Selesai webinar saya wa,  sakjane kopimu iku opo tenan to dien,  isine  campurane opo? Tanya saya penasaran,  dia terkekeh,,,, hehehe,,, rahasia mas bro,,,,, hasuuhhh pake rahasia. Tapi awakmu kok pake gelar Drs dan master JK opo singkatan jamu kenceng?. 
Ohhh itu mas bro(ken wing) Drs singkatan DaRi Sampang terus Mjk singkatan Mantan juru parkir.  Oalahhhh,,,,😁 kok ente nemu singkatan swot dari mana? Aku ngawur ae mas bro,,, hahaha,,,,.  Ya to sudah saya duga,  sek dien tapi omset penjualanmu memang naik tenan to. Iya mas bro,  malah ini ada permintaan jamu dan kopi kirim ke Kalimantan dan saudara di jeddah minta dikirim.  Alhamdulillah nek ngono dien,,, saya ikut senang.  Suwun2 mas bro,  tenaaaang tak kirim kopi racikanku biar tambah sehat sampeyan,,,,, wahhhh tiba2 saya pengen meluk dia,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar