Rabu, 10 Juli 2019

Brodien van klompen

S
Saya punya temen pengagum pesepak bola Belanda Robin van Persie sehingga namanya semula badarudin (dipanggil broedin) ganti jadi broedin van persie, ketika belanda kalah dari argentina dia patah arang, namanya dirubah jadi broedin van klompen(saat Belanda kalah yang namanya tv dilempar sama klompen alias bakiak) 

Yang menarik katanya keimanan seseorang biaa dilihat dari kemajuan sepakbolanya, jadi saat belanda  kalah dia punya analisa sendiri katanya pemainnya sudah pada matre semua,  lupa dengan filosofi sepak bola belanda  dengan total footballnya yang menekankan pada konsistensi menyerang,ke-istiqomah-an. Yang menarik menurut analisa temen saya,  puasa juga memiliki ruh yang sama mirip filosofi sepak bola.  Menurut van klompen, "beliau" bilang ada 3 aspek yaitu hablumminallah, hablumminannas dan ini yang agak kurang ajar :  hablum minannaar.

Katanya : kalau yang 2 aspek pertama saja ente ga sampe,  yang terakhir yang akan ente peroleh. 
"dien ente kok nakutin gitu"?. Loh broken wing puasa itu rahmat. Ampunan dan pembebasan dari naar, kalau yang 2 diawal saja ga dapat maka yang terakhir hadiahnya, logikanya gitu. Saya hampir semaput mendengar "fatwa"nya yang cukup berani.

Terus apa hubungannya dengan sepak bola? Dilapangan,  bola adalah sentral dan satu satunya bola yang diperebutkan pemain sebanyak 22 orang,  dalam puasa juga demikian. ibaratnya kita fokus satu-satunya padaNya, lah kalau akhirnya semata2 fokusnya demi fulus rasain kalau belanda kalah. Sama seperti puasa fokusnya DIA, kalau semata2 puasa bukan pada Nya sama saja  fokusmu pada yang lain dan berujung fokus pada  hablumminnannaar.....hehehe. 

Iki logika piye to dien,,,,, sak karepmu dewe,,,,, 
Tiba2 didepan lewat SPG rokok dengan rok mini,  Broedin seketika matanya melotot
"dien fokus2" kata saya
"iki wis fokus brokenwing,,, wes mendelik ngene mosok kurang fokus".
"fokus hablumminannar yo dien"
Plakkkkk,,,,,, kepala broedin seketika di jitak istrinya mbak Sari(saripah) : " yo ngono terus2no,,,,, awas nek jaluk jatah,  tak kon turu kursi".
Haaaahaaa 😂😂,,,,,,rasain ente dien,  saya ketawa ngakak sambil menjauh, broedin hanya meringis kesakitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar