Jumat, 05 April 2013

wujud cinta


Saya memiliki kesan yang indah tentang april, sebelumnya bulan ini begitu membuat luka. Saat orang yang disayangi pergi, seperti sebuah kejutan yang tak bisa jadi keindahan. Hanya ada duka dan seperti pepatah bilang waktu yang akan menyembuhkan. Tak sepenuhnya salah memang, walau akhirnya tahu apapun kepedihan, kegembiraan, ia selalu datang dan pergi. Jadi tak kan ada yang abadi, yang abadi hanya meninggalkan jejak berupa betapa hidup ini penuh makna. Ya,,ya,,kehidupan akhirnya bisa dipahami dengan bijak setelah menghayati kematian, tidak saja kematian fisik namun nurani. Ini seperti sebuah hadiah yang tersembunyi. Kearifan menemukan hadiah tersembunyi setelah menerima peristiwa entah cobaan, kegembiraan adalah hal yang selalu Tuhan berikan. Seperti ujian kenaikan kelas rasanya. Yang tidak saya tahu apakah setiap orang bisa menemukannya.

Yang saya pahami ketika seseorang menerima cobaan, hal yang pertama dilakukan adalah menolak dan berharap agar segera cepat berlalu. Namun sebagaimana alam bertutur, apapun peristiwanya, entah sedih atau gembira, buat kehidupan adalah netral, hanya pikiran yang memberi cap ini sedih atau gembira. Keterkejutan saat kita dicoba memang membuat limbung siapapun orangnya. Hanya kecepatan untuk kembali yang tak sama. Anehnya,,,saat kita menjalaninya dengan sabar, entah bagaimana seperti ditunjukkan jalan bagaimana mengatasinya. seperti dalam ruang gelap yang ditunjukkan pintu keluar. Saat pintu itu dibuka, tetap dengan halaman yang sama namun dengan wajah yang berbeda. Ini yang saya sebut hadiah tersembunyi, memahami hidup dengan wajah yang baru, wajah yang lebih damai.

April,,,dulu adalah terminal waktu dimana saya sempat limbung, namun hari ini  harus berterimakasih pada bulan ini. Meskipun mungkin belum sempurna,  berdamai dengan diri sendiri dan kehidupan telah membuat hidup ini makin kaya. Diatas semuanya saya tahu hidup memberi pelajaran, apapun kepedihan dan luka yang pernah dialami, sebenarnya ia wujud cinta. Indah bukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar