Kamis, 31 Agustus 2023

Bertapa versi Gurpan

Bertapa,  umumnya di tempat2 sepi seperti di goa,  gunung, hutan, pantai, atau tempat2 sepi lainnya.  Ane pernah diajak Gurpan bertapa,  tapi di mall di Surabaya dan Malang. Topo ngrame istilahnya. Di Surabaya,  ane sama Broedin diajak Gurpan ke mall,  duduk2 aja sambil lihat lalu-lalang orang lewat. Broedin yang jarang ke mall,  jakunnya naik turun,  matanya melotot terus,  bayangkan pengunjungnya kebanyakan pake tanktop,  rok mini,  pake celana pendek  membuat Broedin gak berkedip. 

Di Malang,  ane diajak Gurpan pas bulan puasa,  sore pula,  yang namanya aroma makanan,  menghajar hidung ane tanpa ampun.  Belum lagi pengunjungnya para ukhti,  yg pake hijab,  tapi pakaiannya super ketat seperti lemper dibungkus daun,  pating pecothot. 

Gurpan bilang,  mall adalah pusat ego,  semua panca indera ditarik dan dimanjakan. Mata, hidung, lidah, telinga. Ujiannya, bisa gak panca indera dikelola agar tidak terlalu ketarik kesana. Ane cuman menggeleng .Gurpan hanya tertawa dan bilang : masih ingat  pengendalian panca indera broken wiing.... 
"Iya Gur,  makan nek luwe,  minum nek haus,  
kalo ngantuk tidur. "
Sekarang praktekkan disini., kata Gurpan. "Susah Gur".Gurpan makin keras ketawanya,  yaa ini yg namanya topo ngrame broken wing,  duniamu seperti ini sekarang .Ane mengangguk lemah nahan haus,  seberang ane duduk ada tenant jualan es cincau,  serutan esnya yang bikin  tenggorokan meronta ronta. 
Akhirnya Gurpan berdiri : lihat betapa pengunjung mall banyak berebut makanan dan minuman yg kadang nanti tidak termakan,  begitu terus, sampai gak sadar umur makin bertambah tapi kelakuan mereka gak berubah diselimuti egonya yg makin tinggi. "Lanjut kemana Gur".
Wes buko,  ayo dibatalno sek.  Langsung ane loncat ke tempat jualan es cincau di depan,  ane lirik Gurpan hanya geleng2 kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar